Visi dan Misi Program Doktor
Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia


Visi
“Terwujudnya Program Doktor (S3) Ilmu Hukum UII yang memiliki komitmen pada pengembangan nilai-nilai profetik di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah, setara universitas yang berkualitas di tingkat ASEAN”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang berorientasi kepada pengembangan kebijakan hukum profetik.
  2. Menyelenggarakan penelitian hukum multidisipliner dan progresif.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kontribusi solusi problem kebangsaan di bidang hukum.
  4. Menyelenggarakan dakwah Islamiyah dalam rangka menyebarluaskan ilmu hukum, nilai-nilai keislaman dan kemanusiaan.

Visi dan Misi Program Magister
Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia


Visi
“Terwujudnya Program Magister (S2) Ilmu Hukum UII yang memiliki komitmen pada kesempurnaan (keunggulan), dan menjadi rujukan di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah, setingkat universitas yang berkualitas di kawasan ASEAN.”

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang mampu merespon perkembangan hukum di kawasan ASEAN.
2. Menyelenggarakan penelitianhukum multidisipliner dan/atau komparatif.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk menciptakan masyarakat yang sadar hukum dan bermartabat.
4. Menyelenggarakan dakwah Islamiyah dalam rangka menyebarluaskan ilmu hukum dan nilai-nilai keislaman.

 


Tujuan dan Sasaran Program Doktor
Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia


Tujuan
“Tujuan penyelenggaraan pendidikan Program Doktor (S3) Ilmu Hukum UII adalah untuk menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah dan memiliki kriteria intelektual.”

Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan pendidikan Program Doktor (S3) Ilmu Hukum adalah menghasilkan lulusan yang:

  1. Menguasai teori-teori keilmuan hukum dengan hasil nilai A untuk mata kuliah Teori Hukum, Filsafat Hukum, dan Filsafat Ilmu minimal 70% dengan IPK minimal 3,50.
  2. Memiliki kompetensi keilmuan hukum yang diindikasikan dengan dipercayainya para lulusan pada jabatan-jabatan yang strategis dalam tingkat lokal maupun nasional minimal 75%.
  3. Menguasai perkembangan permasalahan hukum yang diindikasikan dengan nilai A minimal 80% untuk masing-masing mata kuliah yaitu Kekhususan HTN, Kekhususan Hukum Bisnis, Kekhususan Hukum Pidana, Kekhususan Hukum Islam, dan Kekhususan Sosiologi Hukum.

 


Tujuan dan Sasaran Program Magister
Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia


Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai teoritis dasar hukum(kriteria intelektual).
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian sesuai kompetensi keilmuannya (kriteria profesional, dalam bidang kajian utama: Hukum Bisnis, HTN/HAN, Hukum dan Sistem Peradilan Pidana, Hukum Ekonomi Islam, Hukum Agraria, Hukum dan HAM, serta Hukum Kesehatan).
  3. Menghasilkan lulusan yang memahami perkembangan hukum di kawasan ASEAN (kriteria wawasanglobal).
  4. Menghasilkan lulusan yang berintegritas tinggi berlandaskan nilai-nilai keislaman (kriteria keislaman)

Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan pendidikan Program Magister (S2) Ilmu Hukum adalah menghasilkan lulusan yang:

  1. Mahasiswa dengan kelulusan tepat waktu minimal 90%.
  2. Menguasai teori-teori keilmuan hukum dengan hasil nilai mata kuliah Teori Hukum, Filsafat Hukum, dan Politik Hukum A minimal 90%.
  3. Lulusan dengan IPK minimal 3,25 berjumlah 90%.
  4. Menguasai perkembangan permasalahan hukum yang bersifat global yang diindikasikan dengan nilai A untuk masing-masing mata kuliah, yaitu mata kuliah : Hukum dan Pembangunan, Hukum Kontrak, HukumPerdagangan Internasional, Hukum dan HAM, Hukum Pidana dan Perkembangan Teknologi Informatika, Sistem Politik Indonesia, Hukum Otonomi Daerah.
  5. Jumlah dosen tamu asing minimal 10%

 


Strategi Pencapaian Program Doktor
Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia


Strategi Pencapaian

Untuk mencapai berbagai sasaran di atas, PDIH UII menerapkan strategi sebagai berikut:

  1. Memiliki rencana induk pengembangan (RIP) dan rencana strategis (Renstra) yang menggambarkan upaya-upaya pencapaian dan perwujudan visi yang dibagi dalam beberapa tahapan pencapaian sebagai berikut:
    • Tahap I : Program Doktor berorientasi Teaching University(Tahun 2012-2014)
    • Tahap II : Program Doktor berorientasiPersiapan Menuju Excellent Teaching University (Tahun 2014-2018)
    • Tahap III : Program Doktor berorientasi pada Excellent Teaching University(Tahun 2018-2022), yang menitikberatkan pada: penguatan tata kelola yang baik, penguatan keunggulan dan kualitas akademik, menjadikan UII World Class University baik dalam peningkatan kualitas maupun kuantitas serta dakwah Islamiah yang baik.
  2. Saat ini PDIH UII berada pada tahap yang pertama (I) yaitu Program Doktor yang berorientasi Teaching University yang menekankan pada peningkatan kualitas dalam pembelajaran yang setara dengan Program Doktor yang berkualitas di tingkat nasional. Adapun tahap kedua (II) ketika PDIH masuk pada Persiapan Menuju Excellent Teaching University, proses pembelajaran di PDIH sudah setara dengan Program Doktor yang berkualitas di tingkat ASEAN. Untuk memantapkan menuju tahapan kedua (II) ditempuh strategi sebagai berikut:
    • Pembelajaran yang berbasis pada kurikulum yang menekankan pada penguasaan teori-teori keilmuan hukum pada semester 1 dan 2.
    • Memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi keilmuan dan profesionalisme melalui penyelenggaraan berbagai seminar, diskusi yang menghadirkan praktisi.
    • Perkuliahan yang diisi oleh pakar-pakar hukum yang kompeten di bidangnya dari negara-negara maju yang wajib diikuti oleh mahasiswa setiap semester.
    • Perkuliahan beberapa mata kuliah yang bermuatan nilai-nilai moral seperti Filsafat Ilmu, Filsafat Hukum dan Hukum Islam.
    • Pembelajaran dan penelitian yang ditunjang dengan perpustakaan yang berbasis pada digital library/e-library.
  3. Untuk tahapan III PDIH berbasis pada Excellent Teaching University memiliki strategi sebagaimana tercantum pada RIP PDIH UII yang mengacu pada RIP Fakultas Hukum UII.

 


Strategi Pencapaian Program Magister
Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia


Strategi Pencapaian
Untuk mencapai berbagai sasaran di atas Program Magister (S2) Ilmu Hukum menerapkan strategi sebagai berikut:
Memiliki rencana induk pengembangan (RIP) dan rencana strategis (Renstra) yang menggambarkan upaya-upaya pencapaian dan perwujudan visi yang dibagi dalam beberapa tahapan pencapaian sebagai berikut:.

a. Tahap I (2012-2014) : Fakultas Hukum (Program Magister) berorientasi Teaching University
b. Tahap II (2014-2018) : Persiapan Menuju Fakultas Hukum (Program Magister)Excellent Teaching University
c. Tahap III (2018-2022): Fakultas Hukum (Program Magister) berbasisExcellent Teaching University

yang menitikberatkan pada: penguatan tata kelola yang baik, penguatan keunggulan dan kualitas akademik, menjadikan UII World Class University yang baik,serta peningkatan kualitas dan kuantitas dakwah Islamiah yang baik.

Saat ini PMIH UII berada pada tahap yang kedua (II) yaitu FH UII Menuju Excellent Teaching University sehingga untuk memantapkan menuju tahapan ketiga (III) ditempuh strategi dan kebijakan sebagai berikut:

  1. Bidang Pendidikan dilakukan strategi Peningkatan kualitas kurikulum agar dapat menjawab tantangan global dan penguatan kualitas SDM dengan tetap mengintegrasikan keunikan lokal dengan penjaminan mutu berstandar internasional.
  2. Bidang Penelitiandilakukan strategi dasar berupa Peningkatan partisipasi mahasiswa dalam penelitian dan pemanfaatan penelitian sebagai pendukung proses pembelajaran.
  3. Bidang Pengabdian Pada Masyarakat dilakukan strategi berupa Peningkatan partisipasi mahasiswa terhadap pengabdian masyarakat dan pemanfaatan kegiatan ini sebagai pendukung proses pembelajaran.
  4. Bidang Dakwah dilakukan strategi berupa Peningkatan partisipasi mahasiswa terhadap dakwah islamiyah dan pemanfaatan kegiatan ini sebagai pendukung proses pembelajaran.