Perkembangan Teori Hukum Dan Implementasinya Dalam Penelitian Disertasi

Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia mengadakan Workshop Perkembangan Teori Hukum dan Implementasinya dalam Penelitian Disertasi. Menghadirkan Pembicara Lalu Muhammad Hayyan Ul Haq, S.H., LL.M., Ph.D Dosen dari Universitas Mataram, acara ini berlangsung pada Hari Sabtu 23 Desember 2017 di Ruang 1 Gedung Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.

Menurut Drs. Agus Triyanta, M.A., M.H., Ph.D. kegiatan workshop yang diikuti oleh Mahasiswa Program Doktor Ilmu Hukum serta para Dosen pembimbing penulisan Disertasi ini diadakan sebagai upaya penyegaran bagi pihak yang terlibat secara langsung dalam praktek penulisan Disertasi mengenai Perkembangan Teori Hukum yang semakin pesat. Menurutnya, saat ini  Perkembangan ilmu hukum di dunia sudah mulai  memasuki cross disciplines  atau lintas ilmu seperti contohnya biological law. Hal ini disampaikan ketua Program Pascasarjana Fakultas Hukum UII dalam sambutan pembukanya.

Sementara itu dalam pengantar presentasinya Hayyan Ul Haq menyampaikan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, yang diawali dengan ulasan mengenai peradaban di mana menurutnya peradaban merupakan hasil dari pengkonversian waktu. Hal ini disebut juga lompatan peradaban di mana hal-hal yang seharusnya terjadi dalam kurun waktu seratus tahun dapat dikonversi waktunya menjadi beberapa tahun saja karena pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan.

Selain itu Dosen  yang juga mengajar di Utrecht University ini juga menyampaikan tentang perkembangan yang tidak linier antara ilmu eksak dan ilmu sosial. Di mana ilmu eksak dinilai memiliki perkembangan yang lebih pesat.  Hal ini dikarenakan ilmu eksak memiliki objek ilmu yang lebih konstan daripada ilmu sosial, metodenya terukur serta output research yang cenderung predictable. Sementara Ilmu Sosial seperti Ilmu Hukum cenderung memiliki objek yang terus berubah jadi terkadang apa yang dipikirkan oleh peneliti dengan apa yang tertulis berbeda, dan itu mempengaruhi output research.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *