Logo Post Pasca FH UII

Pembekalan Alumni PPs FH UII : Menjadi Lulusan yang Profesional dan Berintegritas

PPs FH UII – Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia telah secara rutin menggelar Pembekalan Alumni PPs FH UII bagi para lulusan baru baik bagi lulusan Program Magister maupun Program Doktor. Pada Wisuda Periode II tahun Akademik 2017/2018 kali ini, acara yang digelar di Ruang 1 Gedung Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia pada hari Rabu, 23 November 2017 tersebut Menghadirkan Pembicara Dr. Aroma Elmina Martha, S.H., M.H.

Menurut Dr. Aroma acara pembekalan alumni PPs Fh UII tersebut merupakan enlightenment atau pencerahan bagi lulusan baru atau fresh graduate yang akan menentukan awal baru bagi kehidupan mereka. Meskipun sebagian besar lulusan Program Pascasarjana dinilainya pasti sudah “tercerahkan” akan tetapi acara seperti ini dibuat untuk membangkitkan semangat menjadi insan-insan yang profesional dan berintegritas.

Menjadi Lulusan yang Profesional dan Berintegritas

Dr. Aroma Elmina menambahkan dalam pembekalan alumni PPs FH UII bahwa seorang alumni harus memiliki  sifat distinguished atau differencesyang artinya pembeda dengan orang lain agar bisa dipandang sebagai sesuatu yang berarti, misalnya melalui attitude yang dinilainya bisa menjadi pembeda antara satu individu dengan individu yang lain. Attitude yang merupakan bagian dari profesionalisme ini seharusnya dibangun semenjak masa studi jadi ketika lulus telah menjadi kebiasaan-kebiasaan baik.

Bagian dari profesionalisme lainnya adalah totalitas. Pekerjaan apapun bisa dinilai sebagai profesional bila dilakukan secara total dan maksimal dan tidak jarang profesionalitas ini menuntut kemampuan multidisipliner. Dr Aroma mencontohkan dalam tes calon Hakim misalnya, jika seseorang biasa mempelajari tentang hukum perdata maka dia juga dituntut untuk dapat menjelaskan hukum acara pidana, atau sebaliknya.

Lebih lanjut Dr.Aroma Elmina memaparkan bahwa profesionalisme akan menciptakan output berupa integritas. Orang yang memiliki integritas umumnya memiliki kecerdasan moral sehingga memiliki kemungkinan kecil untuk melakukan penyimpangan, kelembutan hati yang membedakan nilai manusia dengan hewan walaupun sama-sama memiliki organ bernama hati. Serta yang terakhir adalah kecerdasan intelektual. Dihadiri oleh calon Wisudawan-Wisudawati Periode II Tahun Akademik 2017/2018 dari Program studi Magister Ilmu Hukum (PMIH) dan Program Studi Magister Kenotariatan (PMKN), acara pembekalan ini berjalan dengan lancar dengan Jumlah calon wisudawan sebanyak 19 Orang dari PMIH dan 12 Orang dari PMKN.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *