Kuliah Umum Bersama Prof. Dr. Saldi Isra

Yogyakarta – Program Pascasajana Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia, kembali menggelar kuliah umum yang diisi oleh seorang guru besar, Prof. Dr. Saldi Isra. Kuliah umum ini diselenggarakan di Gedung Auditorium Program Pascasarjana FH UII, Jl. Cikditiro No.1, pada hari Sabtu, 12 November 2016. Kegiatan ini terbuka bagi seluruh mahasiswa FH UII, sedangkan mahasiswa pascasarjana Ilmu Hukum yang mengambil bidang kajian utama (BKU) Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (HTN-HAN) wajib mengikutinya.
Dalam kuliah umum yang bertema “Sistem Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Serentak Tahun 2019” ini, pemateri memulai penjelasannya mengenai Sistem Pemilu.  “Sistem Pemilu merupakan cara bagaimana mengkonversi suara pemilih menjadi kursi di lembaga perwakilan,” papar sang pemateri, Prof. Saldi Isra. Beliau pun melanjutkan penjelasannya, bahwa Sistem Pemilu terdiri dari beberapa subsistem seperti : pencalonan, daerah pemilihan, pemberian suara, penentuan calon terpilih dan lain sebagainya.
Pemateri menjelaskan secara rinci seluruh materi terkait Sistem Pemilu sejak tahun 1955, masa Orde Baru, Sistem Pemilu tahun 1999, Sistem Pemilu Legislatif tahun 2004, Pemilu Presiden tahun 2004, Sistem Pemilu Legislatif tahun 2009, Sistem Pemilu tahun 2014, dan Pemilu Serentak tahun 2019.
Dengan adanya kuliah umum ini, diharapkan seluruh peserta kuliah mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan yang luas untuk menunjang masa depan sebagai praktisi hukum ke depannya atau menjadi akademisi di bidang hukum.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *