Kunjungan UNIBRAW – Kuliah Tentang Urgensi Penalaran Hukum

Sabtu, 5 April 2014, Program Pascasarjana mendapat kunjungan dari salah satu perguruan tinggi negeri terkenal di tanah air, Universitas Brawijaya Malang (UNIBRAW). Pada kunjungannya UNIBRAW membawa 1 dosen pendamping dan 15 mahasiswa magister hukum. Kedua program magister tersebut mengadakan kuliah bersama dengan tema “Urgensi Penalaran Hukum Bagi Praktisi Hukum yang Amanah”. Kuliah umum ini terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama diisi oleh Dr. Mudzakkir, dosen UII, dan sesi kedua diisi oleh Dr. Jazim Hamidi, dosen UNIBRAW.

Kuliah ini diikuti oleh 60 mahasiswa dari magister hukum UII dan 15 mahasiswa dari magister hukum UNIBRAW. Pada kesempatan pertama, Dr. Mudzakkir menyampaikan tentang metode penelitian. Beliau memaparkan tentang pentingnya sikap keilmuan bagi para akademisi yang melakukan riset ilmiah, mulai dari pengambilan data hingga ke penulisan laporan. Pada kesempatan kedua Dr. Jazim menyampaikan tentang urgensi penalaran hukum bagi ahli hukum. Beliau menyampaikan tentang cara berfikir yuridis dan konstruksi berfikir dalam ilmu hukum.

Pada akhir kuliah, acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari UNIBRAW kepada PPS FH UII. Selain itu, mahasiswa mendapatkan sertifikat karena telah mengikuti acara ini. Dengan adanya acara seperti ini diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik antara UII dengan UNIBRAW baik di bidang akademik maupun bidang yang lain.

study tour study tour

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *