Kuliah Umum Prof. Tamas Fezer

Sabtu, 18 Januari 2014 Pascasarjana Hukum UII memperoleh kesempatan untuk mendapatkan kunjungan sekaligus kuliah umum dari pakar hukum di Eropa, Prof. Dr. Tamas Fezer, PhD. Beliau adalah Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Debrecen, Hongaria. Kuliah umum di pascasarjana hukum ini merupakan rangkaian kegiatan beliau dalam melakukan kunjungan ke UII. Dua hari sebelumnya Prof. Tamas mengisi Seminar Internasional yang diadakan oleh Fakultas Hukum UII di hotel Inna Garuda (baca berita ). Dalam kesempatan ini Prof. Tamas memberikan kuliah umum tentang “Consumer Protection in The European Union”.

Pada awal kuliahnya, Prof. Tamas menceritakan tentang keindahan dan keadaan Negara Hungaria, khususnya kota Debrecen yang menjadi tempat tinggalnya. Beliau menerangkan bahwa Hungaria adalah negara yang tidak terlalu besar dan memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak. Walaupun tidak memiliki laut, tetapi keadaan alam di Hungaria tetaplah indah.

Setelah mendiskripsikan sedikit tentang Negara Hungaria, Prof. Tamas membahas tentang Hukum perlindungan bagi konsumen di Uni Eropa. Europe Union (EU) merupakan suatu perkumpulan atau asosiasi negara-negara di wilayah Eropa. Hukum perlindungan konsumen di wilayah EU tersebut bermaksud untuk berusaha mendekatkan hukum perlindungan konsumen internasional (pada wilayah EU) dengan hukum nasional pada tiap-tiap negara anggota EU. Hal ini diperlukan karena pada pelaksanaan hukum internasional perlindungan konsumen tentu akan bersinggungan dengan hukum nasional negara yang bersangkutan.

Materi yang menarik tentang apa yang disampaikan oleh Prof. Tamas adalah tentang defective product (produk cacat). Tentunya konsumen perlu mengetahui hak-haknya mengenai kualitas produk yang akan digunakannya agar mendapatkan perlindungan hukum. Selain menjelaskan tentang hal tersebut, Prof. Tamas juga membahas tentang proses perlindungan konsumen pada peradilan di Eropa hingga proses klaim produk.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *