Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Amin Bendar Kritisi Ekonomi dalam Hukum Pertambangan Print E-mail
Written by @min   
Wednesday, 23 August 2017
Yogyakarta - Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia menggelar Ujian Terbuka Disertasi pada hari Jumat, 18 Agustus 2017 bertempat di Ruang Auditorium Kampus Pascasarjana Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia. Promovendus yang diuji pada event Promosi Doktor tersebut ialah salah satu dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Ternate, Drs. Amin Bendar, S.H., M.Hum.

Dalam disertasinya yang berjudul “Analisis Ekonomi dalam Hukum Pertambangan Mineral dan Batubara Pada Kontrak Karya dan Izin Usaha Pertambangan”, ia menerangkan bahwa analisis ekonomi terhadap hukum telah terimplementasi dalam Undang-undang No. 11 Tahun 1967 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pertambangan dan Undang-undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. “Sekalipun sudah terimplementasi ke dalam dua undang-undang tersebut, namun belum membawa keuntungan yang diharapkan (expected return) secara efisien,” terang Amin. Ia menambahkan bahwa hal tersebut belum mencapai nilai ekonomi yang optimal, sehingga belum mendorong terwujudnya kesejahteraan publik atau peningkatan kemakmuran (wealth maximization) rakyat sesuai amanat Pasal 33 ayat (3) UUD 1945.

Selain itu, ia mengkritisi cost and benefit yang diperoleh negara dalam pengelolaan pertambangan mineral dan batubara, “cost and benefit belum seimbang, karena kerugian negara lebih besar daripada keuntungannya.” Oleh karena itu, ia menyarankan penerimaan negara di bidang pertambangan mineral dan batubara agar ditinjau kembali untuk direvisi, dan membuat peraturan hukum baru dengan menggunakan analisis ekonomi yang tepat dan tidak bersifat pragmatis. Promovendus pun mengusung sistem penglolaan pertambangan mineral dan batubara yang disebut dengan sistem Bagi Hasil Model Ngasi (Production Sharing Contract-Ngasi Model). Sistem PSCN ini lahir dari etnik Makean di Maluku Utara dan sudah digunakan dan dikenal masyarakat umum Maluku Utara sejak berabad-abad.

Dari seluruh rangkaian ujian terbuka ini, Amin berhasil mempertahankan gagasan yang ia usung dalam disertasinya di hadapan para dewan penguji yang diketuai oleh Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum., PhD. (Rektor UII), dan memperoleh penilaian sangat memuaskan. Adapun dewan penguji pada pelaksanaan sidang promosi doktor ini adalah Prof. Dr. Ridwan Khairandy, S.H., M.Hum., Dr. Siti Anisah, S.H.,M.Hum., Prof. Dr. Agus Yudha Hernoko, S.H.,M.H., Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H., M.H., dan Prof. Dr. Ari Hermawan, S.H., M.Hum.

Selamat kepada Dr. Drs. Amin Bendar, S.H., M.Hum. yang telah menyelesaikan studi doktor di Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Semoga ilmu yang diperoleh dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi nusa dan bangsa. (HR)

Last Updated ( Wednesday, 23 August 2017 )
 
< Prev   Next >

Login Form






Lost Password?

Agenda & Kegiatan

 


  

likeus  

Layanan Mahasiswa






Blog UII Staff


 

Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it