Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
HUKUM PENATAAN RUANG BERBASIS BUDAYA KRATON ANTAR DAMIANUS KRISMANTORO RAIH GELAR DOKTOR KE - 68 Print E-mail
Written by Nurul   
Tuesday, 16 May 2017

Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia kembali melahirkan Doktor baru. Adalah Damianus Krismantoro, S.H., M.Hum. yang merupakan Dosen Fakultas Hukum dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta berhasil mempertahankan Disertasinya mengenai  Hukum Penataan Ruang Berbasis Budaya Kraton Yogyakarta (Kajian Dari Aspek Budaya Hukum) di hadapan Dewan Penguji.

Bertempat di Auditorium Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, pada Sabtu, 13 Mei 2017 Promovendus memaparkan bahwa penelitian Disertasinya dilandasi oleh adanya tantangan dalam melakukan penataan ruang di DIY, di mana kota Yogyakarta sebagai inti merupakan kota pusaka budaya. Hal tersebut tidak hanya berkaitan dengan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah DIY , namun juga perlu mempertimbangkan Kota Yogyakarta dalam peradabannya di masa lampau.

Dengan tujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan memahami bagaimanakah makna budaya hukum penataan ruang berbasis budaya Kraton Yogyakarta dan sinkronisasi peraturan perundang-undangan di bidang hukum penataan ruang dalam mewujudkan filosofi hamemayu hayuning buwana Promovendus mengambil kesimpulan bahwa secara umum makna budaya hukum penataan ruang berbasis budaya Kraton Yogyakarta telah tercantum dalam UU Nomor 13 Tahun 2012 secara eksplisit. Namun, ada kekhawatiran bahwa “ ruh” keistimewaan akan hilan jika tidak ada tindakan yang tepat untuk melestarikan dan menguatkan keistmewaan tata ruang Kota Yogyakarta. Untuk itu perlu dilakukan sinkronisasi peraturan perundang-undangan di bidang hukum penataan ruang demi tercapainya filosofi tersebut di atas.

Dengan Promotor Prof. Dr. Sudjito, S.H., M. Si., dan Co Promoror Mukmin Zakie, S.H., M.Hum., Ph.D., Promovendus berhasil lulus dengan predikat memuaskan dan menjadi Doktor Ke 68 yang dilahirkan oleh Fakultas Hukum UII serta merupakan Doktor ke- 111 yang dihasilkan di Universitas Islam Indonesia.

 
< Prev   Next >

Login Form






Lost Password?

Agenda & Kegiatan

 


  

likeus  

Layanan Mahasiswa






Blog UII Staff


 

Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it