Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
KULIAH UMUM : RELEVANSI KONSEP KEADILAN YUNANI KUNO TERHADAP POLITIK dan HUKUM MODERN Print E-mail
Written by Nurul   
Saturday, 01 April 2017

Kuliah Umum merupakan  salah satu agenda rutin yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (PPs FH UII). Berbagai tema telah diusung dengan mengangkat isu-isu aktual terutama dipandang dari sisi hukum.  Sabtu, 31 Maret 2017, PPs FH UII kembali menggelar Kuliah Umum dengan mendatangkan Prof. Martha Catherine Beck, Ph.D. seorang Profesor Filsafat Hukum dari Lyon University Arkansas, USA.

Mengangkat tema “ The Concept of Justice in The Ancient Greek and It’s Relevance to The Modern Law and Politics “ Kuliah Umum ini dibuka oleh Ketua PPs FH UII Drs. Agus Triyanta, Ma.,M.H., Ph.D , dan dimoderatori oleh Drs. Jarot Wahyudi, S.H., M.A. salah satu mahasiswa Program Doktor PPs FH UII. Menurut Jarot Filsafat dipandang sebagai hal yang sulit, oleh karena itu Prof. Martha hadir untuk membuatnya terlihat sederhana dan mudah.

Dalam pemaparannya Prof. Martha mendahuluinya dengan mengatakan bahwa tidak ada sesuatu yang sulit jika masing-masing orang bisa mengembangkan kemampuannya. Tuhan menciptakan alam semesta yang bisa dimengerti, dan menciptakan manusia untuk menterjemahkan hal-hal yang bisa dimengerti tersebut. Lebih lanjut Prof Martha memaparkan bahwa konsep-konsep tersebut telah ada dalam pemikiran para filsuf Yunani Kuno sehingga melahirkan pemikiran-pemikiran yang menitik beratkan pada nilai-nilai  moral atau yang disebut sebagai virtue.

Filsafat Yunani Kuno tersebut saat ini telah banyak ditolak oleh pemikiran “Modern Western” atau pemikiran liberal modern yang mengabaikan nilai-nilai moral dan lebih menekankan pada power over untuk menguasai orang lain. Filsafat Yunani Kuno telah memberikan sumbangan yang besar terhadap pemikiran-pemikiran hukum dan politik, salah satunya adalah pemikiran untuk membangun kelas menengah yang kuat, kelas yang dianggap bisa memperjuangkan keadilan dengan nilai-nilai moral dibandingkan kelas atas. Namun sepertinya pemikiran para filsuf Yunani Kuno tersebut saat ini mulai ditinggalkan oleh penganut neo liberal. 

Prof. Martha lebih banyak melakukan otokritik terhadap Negaranya sendiri , di mana sebagai negara liberal yang membebaskan segala hal, Amerika justru kehilangan nilai-nilai moral yang diusung para filsuf Yunani Kuno. Terlebih diera kepemimpinan Donald Trump yang merupakan produk “Modern Western”. Dengan dalih kebebasan dan Hak Asasi Manusia, Amerika justru melanggengkan hegemoni kelas atas dan melupakan keadilan untuk kelas menengah ke bawah yang dianggap tidak bisa bersaing. Hal ini bisa dilihat dari penghapusan subsidi bagi masyarakat miskin, dan pemerintahan Donald Trump lebih memilih untuk mengalokasikan dananya untuk kebutuhan militer. Hal ini oleh Prof. Martha dianggap sebagai hal yang tidak masuk akal. Sebuah Institusi Negara akan berjalan dengan baik jika masyarakat dan pemimpinnya memiliki nilai-nilai moral. Pemimpin yang tidak memiliki nilai-nilai moral hanya akan menimbulkan chaos. Maka berbahagialah orang-orang yang hidup dalam pemerintahan yang transparan, yang dipimpin oleh pemimpin yang memiliki nilai-nilai moral. Terakhir Prof Martha juga menyampaikan bahwa Indonesia jangan pernah ingin menjadi seperti Amerika karena itu tidak akan berjalan dengan baik. Indonesia telah memiliki dasar negara yang ia nilai sejalan dengan pemikiran filsuf Yunani kuno. Jadi jika itu dilaksanakan dengan baik, maka Indonesia bisa lebih baik dari Amerika. “ Aturan yang baik ditangan orang yang buruk akan menjadi buruk, aturan yang biasa saja di tangan orang yang baik akan menjadi baik.” Begitu Drs. Jarot Wahyudi, S.H., M.A menterjemahkan akhir pemaparan Prof Martha.
Last Updated ( Wednesday, 05 April 2017 )
 
< Prev   Next >

Login Form






Lost Password?

Agenda & Kegiatan

 


  

likeus  

Layanan Mahasiswa






Blog UII Staff


 

Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it