Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Prof. Dr. Ni’matul Huda, S.H., M.Hum. , Soroti Sengketa Kewenangan Lembaga Negara Pasca Reformasi Print E-mail
Written by @min   
Wednesday, 07 December 2016
Yogyakarta – (28/11) Universitas Islam Indonesia baru saja menggelar Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Dua Guru Besar baru yakni Guru Besar di Bidang Ilmu Hukum Tata Negara yang diraih oleh Prof. Dr. Ni’matul Huda, S.H., M.Hum. dan Guru Besar di bidang Ilmu Kimia yang diraih oleh Prof. Riyanto, S.Pd., M.Si., Ph.D.
Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia sebagai homebase bagi Prof. Dr. Ni’matul Huda, S.H., M.Hum. turut berbahagia atas pencapaian yang diraih oleh Prof. Ni’mah, setelah pengabdian dan kerjakeras yang dilakukan selama mengabdi di Fakultas Hukum pada khususnya dan UII pada umumnya.

Pengukuhan tersebut ditandai dengan pidato ilmiah yang disampaikan di depan segenap civitas akademika UII serta tamu undangan yang hadir di Gedung Kahar Mudzakir Kampus Terpadu UII. Dalam Pidatonya Prof. Ni’mah megambil judul “Perkembangan Lembaga Negara dan Sengketa Lembaga Negara Pasca Reformasi”. Dengan mengetengahkan ulasan mengenai kemunculan lembaga-lembaga independen baru produk dari reformasi 1998 yang dinilai mengurangi kewenangan lembaga pemerintah, sehingga berpotensi menimbulkan sengketa, Koordinator Program Magister Ilmu Hukum PPs FH UII ini juga menyampaikan bahwa penyelesaian sengketa untuk lembaga negara yang berbasis pada kewenangan berada pada konstitusi, dan jalurnya sudah jelas melalui Mahkamah Konstitusi. Prof Ni’mah menilai ada implikasi politik yang ditimbulkan dari hadirnya lembaga-lembaga independen. Hal tersebut dapat dilihat dari besarnya hasrat dari kelompok politik khususnya yang berada diparlemen untuk menitipkan kepentingan politiknya.

Pada akhirnya, pidato sampai kepada kesimpulan bahwa urgensitas perluasan para pihak dalam sengketa kewenangan lembaga negara di Mahkamah Konstitusi adalah untuk memberi payung hukum yang jelas terhadap kasus-kasus tersebut melalui jalur hukum bukan jalur politik. Dalam kesempatan pidatonya Prof Ni’mah juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap keluarga, seluruh guru, dan semua orang yang selalu memberikan dukungan kepadanya untuk terus belajar dan berkarya. Selain Prof. Ni’mah Pidato juga disampaikan oleh Prof. Riyanto yang mengambil judul Peran Elektrokimia Untuk Kemadirian Bangsa.

Last Updated ( Wednesday, 07 December 2016 )
 
< Prev   Next >

Login Form






Lost Password?

Agenda & Kegiatan

 


  

likeus  

Layanan Mahasiswa






Blog UII Staff


 

Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it