Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Seminar Nasional Hukum Kesehatan Print E-mail
Written by @min   
Saturday, 27 August 2016
Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia bekerjasama dengan Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI) dan Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN) menggelar Seminar nasional bertajuk “Gratifikasi Dalam Perspektif Hukum, Etika& Profesionaliusme Dokter dan Tenaga Kesehatan Lainnya”. Bertempat di GKU Prof dr. Sardjito Kampus Pusat Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang Km 14,5 acara yang berlangsung pada hari Jum’at, 26 Agustus 2016 menghadirkan pembicara yang merupakan penggiat dan para profesional di bidang hukum maupun kesehatan di antaranya Irjen Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  Drs. Purwadi, Apt., M.M., M.E., Ketua MHKI Pusat yang merupakan mantan Komisioner Kompolnas RI dr. M. Nasser, Sp.KK., D.Law. Ketua IDI DIY dr. Bambang Suryono,Sp., An., KIC.,M.Kes., KNA.  Perwakilan dari IAI DIY Prof. Dr. Djoko Wahyono, A.U., Apt., dan Perwakilan dari KPK RI Bidang gratifikasi Sugiharto.

Dengan tema besar Gratifikasi, sebuah tema yang sedang menjadi perbincangan hangat di lingkungan tenaga kesehatan karena masih terdapat pro dan kontra, seminar ini mampu menyedot atensi baik dari profesional bidang kesehatan, mahasiswa jurusan kesehatan maupun hukum, serta akademisi dan praktisi lain yang memiliki concern pada permasalahan hukum di bidang kesehatan. Gratifikasi pada bidang kesehatan sendiri berakibat pada munculnya keputusan berpihak dari dokter dan tenaga kesehatan lain kepada pemberi gratifikasi. Hal ini sering dikaitkan dengan keputusan penggunaan produk seperti obat-obatan sehingga memunculkan stigma negatif dan membingungkan bagi kalangan dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Ditambah lagi dengan informasi dari media yang kadang tidak seimbang.

Dari Seminar nasional yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Islam Indonesia Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. diharapkan mampu menjembatani antara ketentuan hukum yang berlaku dengan implementasinya di dunia kesehatan, agar tidak lagi terjadi kesimpangsiuran dalam membedakan antara gratifikasi yang suap yang seringkali menjerat tenaga kesehatan. Sementara pada tenaga kesehatan sendiri melalui asosiasinya diharapkan mampumeningkatkan pemahamannya tentang hukum terutama berkait dengan gratifikasi, sekaligus berperan aktif dalam memberantas praktek-praktek gratifikasi di dunia kesehatan demi meningkatkan profesionalisme tenaga bidang kesehatan.

Last Updated ( Saturday, 27 August 2016 )
 
< Prev   Next >

Login Form






Lost Password?

Agenda & Kegiatan

 


  

likeus  

Layanan Mahasiswa






Blog UII Staff


 

Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it