Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Kesempatan Double Degree di Korea Print E-mail
Written by @min   
Wednesday, 13 May 2015

Program Magister FH UII bekerja sama dengan Yougsan University Korea, memberikan kesempatan kepada mahasiswa MH UII (BKU Bisnis) untuk memperoleh double degree di kedua Universitas. Program ini dilaksanakan dengan sistem  ´ 1+1,5 ´(1 tahun di Indonesia, 1,5 tahun di YSU). Untuk para mahasiswa MH Indonesia yang hendak ikut serta program ini, maka YSU menetapkannya sebagai berikut: 

Para mahasiswa akan belajar tiga semester (8 mata pelajaran ilmu hukum bisnis Korea:16 SKS + pembelajaran bahasa Korea selama 6 bulan) di YSU.

Karena mereka datang ke YSU dengan status mahasiswa reguler (Visa D2), maka pada semester pertama mereka harus belajar dua mata pelajaran ilmu hukum bisnis Korea (Introduction to the Korean Legal Regime, Korean Commercial Law). Pada semester ini mereka harus belajar juga bahasa Korea selama 6 bulan.

Karena mereka belum tahu bahasa Korea, maka dua mata pelajaran di atas akan diajarkan dalam bahasa Inggris. Agar mereka bisa mengikuti kuliah, para peserta yang akan ikut serta program ini harus mahir berbahasa Inggris.

Pada semester kedua mereka akan belajar empat mata pelajaran (Korean Company Law, Korean Labour Law, Korean IP Law, Case Study on Commercial Law). Bahasa pengantar di dalam kelas ialah bahasa Korea + bahasa Inggris.

Pada semester ketiga mereka akan belajar dua mata pelajaran (WTO Law, Seminar on Commercial Dispute Resolutions) dalam bahasa Korea. Pada semester ini mereka diharapkan untuk mencari bahan penulisan tesis tentang hukum bisnis Korea.

Bimbingan penulisan tesis dan pengujiannya diserahkan sepenuhnya ke universitas asal mahasiswa di Indonesia. Sidang ujian tesis dilaksanakan di universitas asal mereka sesudah menempuh 16 SKS di YSU. Para peserta tidak perlu menulis tesis untuk YSU karena mereka akan ikut jalur non-tesis di YSU. Di Korea ada 2 jalur untuk program S2, yakni jalur non-tesis (30 sks tanpa penulisan tesis) dan jalur tesis (26 sks dengan penulisan tesis).

Karena program ini double degree yang dijalankan oleh kedua universitas yang terkait, maka para peserta program ini harus menempuh 15 SKS ke atas di universitas asalnya sebelum datang ke YSU.

Karena para mahasiswa akan menulis tesis tentang hukum bisnis Korea, maka dosen YSU akan memberi bimbingan sebagai pembimbing pendamping.

Jika para mahasiswa mempertahankan tesisnya di dalam sidang, maka YSU akan mengirimkan ijazah S2 ke universitas asalnya di Indonesia agar bisa mendapat dua ijazah sekaligus pada waktu wisuda.

Last Updated ( Wednesday, 13 May 2015 )
 
< Prev   Next >

Login Form






Lost Password?

Agenda & Kegiatan

 


  

likeus  

Layanan Mahasiswa






Blog UII Staff


 

Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it