Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Dosen Unilak Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum Di Universitas Islam Indonesia Print E-mail
Written by @min   
Saturday, 09 May 2015
Yogyakarta - Kamis, 7 Mei 2015, bertempat di Auditorium Lantai III (Tiga) Kampus Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Jl Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta pada pukul 10.00 WIB, Program Doktor Ilmu Hukum  menggelar Ujian Terbuka Disertasi (Promosi Doktor), atas nama Fahmi, S.H., M.Hum. 
Promovendus yang merupakan Dosen Tetap Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning Riau (UNILAK) ini mengangkat Judul Disertasi “Pergeseran Tanggung Jawab Sosial Perseroan dari Tanggung Jawab Moral Ke Tanggung Jawab Hukum.”

Hasil penelitian dari Promovendus menunjukkan bahwa Bisnis perlu dijalankan secara etis karena bagaimanapun juga Bisnis menyangkut kepentingan siapa saja dalam masyarakat, sehingga dapat dikatakan para pelaku dituntut untuk aktif mengupayakan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Sementara itu peralihan dari kaidah Etika menjadi sebuah tanggung jawab hukum dilaksanakan karena tidak berjalannya kaidah etika dalam menjalankan perusahaan. Hal ini dikarenakan kaidah etika merupakan aturan main yang tidak mengikat secara hukum, sehingga mudah menggeser tanggung jawab sosialperseroan dari tanggung jawab moral ke tanggung jawab hukum yang didasari oleh konsep Zakat, Infaq, dan Shadaqah. Dengan diberlakukannya UU No. 25 Tahun 2007 dan UU No. 40 Tahun 2007, maka pelaksanaan tanggung jawab sosial perseroan menjadi ketentuan yang bersifat mandatory. Namun dalam praktiknya Bidang-bidang yang menjadi tanggung jawab sosial perseroan banyak terjadi tumpang tinfdih dengan kewajiban pemerinytah, dan dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi finansial masing-masing perusahaan dikarenakan tidak adanya sanksi yang tegas.

Dengan dipromotori oleh Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Prof. Dr. Ridwan Kahirandi, S.H., M.H., dan Co Promotor Nandang Sutrisno, S.H., LL.M., M.Hum., Ph.D. dan Diuj Oleh Prof. Dr. Agus Yudha Hernoko, S.H., M.H., Prof. Dr. Hawim, S.H., LL.M., Prof. Dr. Sunarmi, S.H., M.Hum., dan Dr. Siti Anisah, S.H., M.Hum., Promovendus berhasil Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan, dan berhak menyandang Gelar Doktor (DR) di Bidang Hukum.

Last Updated ( Saturday, 09 May 2015 )
 
< Prev   Next >

Login Form






Lost Password?

Agenda & Kegiatan

 


  

likeus  

Layanan Mahasiswa






Blog UII Staff


 

Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it