Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Suhendro Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum Melalui Penelitian Mengenai Wanprestasi Print E-mail
Written by @min   
Wednesday, 17 December 2014

Y ogyakarta – Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia kembali menambah Satu Doktor Ilmu Hukum pada Sabtu, 13 Desember 2014 kemarin. Adalah Suhendro, S.H., M.Hum. yang merupakan Ketua Dewan Kehormatan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Kota Pekanbaru yang berhasil mempertahankan Disertasinya berjudul “Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum Dalam Kontrak di Indonesia.”

Dalam Disertasinya Suhendro yang juga merupakan Pembantu Dekan I Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Riau tersebut menyimpulkan bahwa, walaupun terjadi tumpang tindih pemahaman antara wanprestasi dan perbuatan melawan hukum, bukan brarti tidak dapat dibedakan dan ditarik batas-batas di antara keduanya. Wanprestasi adalah tidak melaksanakan kewajiban kontraktual, sementara perbuatan melawan hukum adalah tidak melaksanakan kewajiban non kontraktual, yaitu perikatan yang lahir dari peraturan perundang-undangan. Apabila terjadi pertentangan antara wanprestasi dan perbuatan melawan hukum dalam suatu peristiwa atau perkara, diselesaikan berdasar prinsip lex specialis derogate legi generalii. Pengadilan selama ini belum dapat menentukan tolok ukur untuk menentukan batas antara wan prestasi dan perbuata melawan hukum.

Acara yang dihelat pada pukul 13.00 WIB bertempat di Auditorium Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) tersebut dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Islam Indonesia Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. Dengan Promotor Prof. Dr. Ridwan Khairandy, S.H., M.H., dan Co Promotor Dr. Siti Anisah, S.H., M.Hum., serta diuji oleh para Pakar Hukum Bisnis di Indonesia seperti Prof. Dr. Agus Yudha Hernoko, S.H., M.H., Prof. M.Hawin, S.H.,LL.M., Ph.D., Prof. Dr. Sunarmi, S.H., M.Hum., dan Nandang Sutrisno, S.H., LL.M., M.Hum., Ph.D. , Suhendro berhasil lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan sebagai Doktor ke-68 dari Universitas Islam Indonesia.

Last Updated ( Wednesday, 17 December 2014 )
 
< Prev   Next >

Login Form






Lost Password?

Agenda & Kegiatan

 


  

likeus  

Layanan Mahasiswa






Blog UII Staff


 

Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it