Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Launching dan Bedah Buku Dr. Ni'matul Huda Print E-mail
Written by @min   
Wednesday, 22 October 2014
(Sabtu, 18/10) Yogyakarta – Program Pascasarjana Fakutas Hukum Universitas Islam Indonesia menggelar Peluncuran dan Bedah Buku Karya Dr. Ni’matul Huda, S.H., M.Hum. Diserahkannya buku berjudul “Desentralisasi Asimetris Dalam NKRI”,kepada Program Pascasarjana Fakultas Hukum UII, yang diwakili oleh Dr. Siti Anisah, S.H., M.Hum. selaku Sekretaris Program menandai telah terbitnya buku yang menghadirkan kajian tentang Desentralisasi dan Desentralisasi Asimetris di Indonesia, Daerah Istimewa dan Otonomi Khusus dalam Konstitusi Indonesia, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta serta Daerah Khusus Ibukota Jakarta, tersebut secara resmi. 

Buku Karya Dosen Terproduktif Universitas Islam Indonesia yang telah menerbitkan 17 Buku tersebut juga mengulas tentang tawaran Otonomi Khusus yang “ditolak” oleh Timor-Timur serta gambaran pelaksanaan Otonomi Khusus yang diterapkan di Aceh dan problematika yang ditimbulkan oleh Otonomi Khusus seperti yang terjadi di Papua.

Menurut Dr. Enny Nurbaningsih, S.H., M.Hum. Ketua Program Magister Hukum Universitas Gadjah Mada Yogykarta yang menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut. Rumusan desentralisasi tercermin dalam Tiga Undang-Undang yakni UU No. 22/1999, UU No. 32/2004 dan UU No. 23/2014. Dengan memahami makna desentralisasi asimetris berkaitan dengan kewenangan luas daerah untuk mengatur dan mengurus sesuai dengan hak-hak yang hidup dalam masyarakat dan diakui, maka sifat kemajemukan dalam desentralisasi akan sulit untuk ditumbuhkembangkan. Ruang kebebasan daerah mengatur dibatasi karena muatan perda adalah dalam rangka melaksanakan peraturan yang lebih tinggi. UU No. 23 Tahun 2014 pada akhirnya berdampak pada daerah yang menerapkan otonomi kekhususan yang menjalankan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya sama dengan daerah otonomi non kekhususan , kecuali untuk yang sudah dikhususkan misalnya kelembagaan (MRP, DPRP, Partai Lokal).

Turut menjadi pembicara dalam acara yang diadakan sebagai bentuk kerjasama antara Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dengan Himpunan Mahasiswa Magister Hukum UII tersebut adalah Fitrah Bukhari, S.H.,M.S.I. dan Zayanti Mandasari, S.H. Keduanya merupakan Mahasiswa Magister Ilmu Hukum PPs FH UII.

Acara yang dilaksanakan di Auditorium PPS FH UII Jl Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta tersebut, selain dihadiri oleh Civitas Akademika Fakultas Hukum UII, juga dihadiri oleh Perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Bidang Hukum dari beberapa Perguruan Tinggi di Yogyakarta.

Last Updated ( Wednesday, 22 October 2014 )
 
< Prev   Next >

Login Form






Lost Password?

Agenda & Kegiatan

 


  

likeus  

Layanan Mahasiswa






Blog UII Staff


 

Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it