Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Print E-mail
Written by @min   
Tuesday, 16 January 2018
 
  

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Islam Indonesia
Magister (S2) Ilmu Hukum dan Magister (S2) Kenotariatan
Kelas Maret 2018

 


Ketua Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, dengan ini mengumumkan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Magister (S2) Hukum Angkatan ke-40, Magister (S2) Kenotariatan Angkatan ke-8, dan Doktor (S3) Hukum Angkatan ke-18. Untuk melihat informasi selengkapnya silahkan lihat di poster berikut ini.
 
Last Updated ( Thursday, 18 January 2018 )
 
TELITI MENGENAI KEDUDUKAN BPJS SEBAGAI BADAN HUKUM PUBLIK, DIAH ARIMBI RAIH GELAR DOKTOR Print E-mail
Written by Nurul   
Tuesday, 16 January 2018

BPJS Kesehatan merupakan bentuk operasional dari Program Jaminan Kesehatan Nasional milik pemerintah yang memiliki dasar hukum berdasarkan pasal 28H dan pasal 34 Ayat (2) Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Pasal tersebut merupakan jembatan untuk menggapai kesejahteraan rakyat Indonesia yang berkeadilan sosial. Kendati demikian, dalam penyelenggaraannya BPJS Kesehatan tetap mengalami kendala terutama yang berkaitan dengan kajian hukum dan membutuhkan pengaturan seperti kedudukan hukum dan kewenangan sebagai Badan Hukum Publik.

Adalah Diah Arimbi, S.SiT., M.H. dosen Poltekes Kementerian Kesehatan Yogyakarta yang mengetengahkan permasalahan tersebut dalam penelitian Disertasinya yang berjudul “Pengaturan Kedudukan Badan Penyelenggara Jaminan sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Badan Hukum Publik”.

Hasil penelitian Diah Arimbi dipresentasikan dalam Ujian Terbuka Promosi Doktor pada Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia pada hari Sabtu, 13 Januari 2018 di Auditorium Lantai III Gedung Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.

Dihadapan Promotor dan Penguji, Promovenda menyampaikan kesimpulan dari penelitiannya yang menemukan bahwa BPJS memang merupakan badan hukum publik, tetapi tidak memiliki otonomi dalam membuat kebijakan atau regulasi. Keadaan tersebut berawal dari disharmoni peraturan perundang-undangan khususnya Peraturan Presiden. Berawal dari Peraturan Presiden yang kemudian memunculkan Peraturan Menteri Kesehatan , keadaan tersebut dapat memicu konflik kewenangan antara BPJS dengan Kementerian kesehatan yang berdampak pada ketidaksempurnaan independensi BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik . Adanya disharmoni tersebut menjadi tugas DSJN (Dewan Jaminan Soisial Nasional) sebagai pengawas untuk melakukan peninjauan kembali terhadap Peraturan Presiden tentang Jaminan Kesehatan dan peraturan di bawahnya terkait dengan jaminan kesehatan.

Last Updated ( Wednesday, 17 January 2018 )
Read more...
 
Krisis Kepemimpinan dan Integritas Bangsa: Dialog Akhir Tahun Print E-mail
Written by Nurul   
Saturday, 30 December 2017

 Indonesia pasca reformasi telah mengalami berbagai perubahan. Dalam kurun waktu  hampir dua dekade, telah terjadi setidaknya lima kali pergantian pucuk kepemiminan di negeri ini. Hal tersebut menjadi menarik diperbincangkan manakala pergantian kepemimpinan tersebut belum juga membawa angin segar kemajuan dalam hal karakter bangsa yang berintegritas. Krisis integritas tersebut menjadi isu yang terus berhembus di tengah usaha-usaha perbaikan sistem demokrasi yang dilakukan. Lalu bagaimana melahirkan seorang pemimpin yang berintegritas? Pertanyaan tersebut menjadi tema Dialog Perspektif Hukum yang dilaksanakan oleh Program Doktor Ilmu hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum universitas Islam Indonesia.

Last Updated ( Tuesday, 16 January 2018 )
Read more...
 
Seminar Hasil Penelitian Antar Perguruan Tinggi Print E-mail
Written by Nurul   
Thursday, 28 December 2017

 Penelitian untuk Tugas Akhir merupakan elemen penting dalam proses pendidikan. Untuk jenjang Magister, penelitian dalam rangka penulisan tesis memegang peranan penting bagi kesuksesan mahasiswa dalam memperoleh gelarnya. Oleh karena itu sebaiknya penelitian dilakukan secara serius, agar menghasilkan output research yang bermanfaat. Prof. Dr. Ni’matul Huda, S.H., M.Hum. dalam sambutannya pada acara Diseminasi Penelitian Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi yang digelar oleh Program pascasarjana fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia menyampaikan bahwa acara tersebut penting untuk dilaksanakan sebagai wadah sharing bagi mahasiswa dengan alumni yang telah berhasil melalui tahapan penulisan Tugas Akhir, terutama bagi mereka yang memiliki karya yang baik. Para alumni bisa menggambarkan bagaimana proses awal mencari permasalahan untuk diteliti, bagaimana proses penelitian dan penulisan tesis yang dijalani serta bagaimana masyarakat merespon penelitian tersebut.

Last Updated ( Tuesday, 16 January 2018 )
Read more...
 
Perkembangan Teori Hukum dan Implementasinya dalam Penelitian Disertasi Print E-mail
Written by Nurul   
Wednesday, 27 December 2017

 Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia mengadakan Workshop Perkembangan Teori Hukum dan Implementasinya dalam Penelitian Disertasi. Menghadirkan Pembicara Lalu Muhammad Hayyan Ul Haq, S.H., LL.M., Ph.D Dosen dari Universitas Mataram, acara ini berlangsung pada Hari Sabtu 23 Desember 2017 di Ruang 1 Gedung Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.

Last Updated ( Tuesday, 16 January 2018 )
Read more...
 
Pembakuan Akad Syariah dan Problematika Perbankan Syariah Print E-mail
Written by Nurul   
Tuesday, 19 December 2017

 Perbankan Syariah merupakan topik yang menarik untuk diperbincangkan, perkembangannya yang cenderung meningkat di dunia khususnya di Indonesia membuatnya menjadi isu yang selalu hangat untuk dibahas. Terus meningkatnya ketertarikan publik terhadap Perbankan Syariah, bukan berarti  karea ia tidak memiliki kelemahan-kelemahan dan potensi sengketa. Salah satu permasalahan  yang sering muncul dalam Perbankan syariah adalah benturan antara akad yang dipahami secara Fiqh serta akad yang disesuaikan dengan regulasi negara serta kondisi masyarakat tempat bank syariah tersebut berdiri.

Last Updated ( Tuesday, 16 January 2018 )
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>


Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it