Postgraduate in Law UII

Selamat Datang di Web Site Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
FRAUD DAN GRATIFIKASI DALAM PELAYANAN KESEHATAN (KONFERENSI INTERNASIONAL HUKUM KESEHATAN) Print E-mail
Written by Nurul   
Tuesday, 07 November 2017

Senin, 6 November 2017, Program Pascasarjana Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran  UII bekerjasama dengan World Association For Medical Law menggelar sebuah International Conference dengan mengangkat tema “ Fraud and Gratification In Healthcare Services Across Jurisdictions”.

Latar belakang dari pengangkatan tema tersebut adalah bahwa selama ini korupsi selalu menjadi sebuah kejahatan yang serius dan dapat memasuki hampir semua lini kehidupan. Walaupun selama ini korupsi lebih sering terlihat di bidang politik,  namun tidak dapat dipungkiri bahwa korupsi dapat menjangkiti bidang yang bahkan jauh dari dunia politik.

Dunia kesehatan di Indonesia menjadi salah satu contoh bagaimana korupsi dapat terjadi di antara berbagai bidangnya seperti  korupsi yang terjadi pada pengadaan instrument kesehatan yang dilakukan rumah sakit, pusat kesehatan atau unsur pemerintahan yang membawahi bidang kesehatan, serta korupsi yang terjadi dalam rangka pengadaan obat yang juga melibatkan perusahaan-perusahaan farmasi serta provider instrument kesehatan. Hal tersebut menjadikan seringnya kita temui kualitas instrument kesehatan yang lebih buruk dari seharusnya, serta obat-obatan yang bahkan beberapa di antaranya dipalsukan.

Last Updated ( Wednesday, 08 November 2017 )
Read more...
 
PARADOKS UNDANG- UNDANG DERIVATIF Print E-mail
Written by Nurul   
Tuesday, 31 October 2017

 Sabtu, 28 Oktober 2017 pukul 09.00 WIB  bertempat di Ruang 1 Gedung Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Program Pascasarjana Fakultas Hukum menggelar Focus Group Discussion  dengan menghadirkan Narasumber Drs. Ridwan Kurnaen MBA. dari Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi.

Dengan tema “Paradoks Undang-Undang Derivatif”  Diskusi yang dihadiri para Dosen muda di lingkungan Fakultas Hukum serta mahasiswa dari Bidang Kajian Utama Hukum Bisnis tersebut mengetengahkan kontroversi yang terjadi akibat perubahan undang-undang derivatif, yang dinilai akan berdampak sangat besar terhadap semua jenis kontrak derivatif yang ada.

Last Updated ( Wednesday, 08 November 2017 )
Read more...
 
INTERNATIONAL CONFERENCE Print E-mail
Written by @min   
Thursday, 19 October 2017

Call for Participants
INTERNATIONAL CONFERENCE
on “Fraud and Gratification in Healthcare Services Across Jurisdictions”

 

Background
Corruption is always among extremely serious crimes which may penetrates to almost all of aspects of life. Though most apparently this occupies political sphere, however any matters which are far from political circle, indeed, cannot escape from this crime. Healthcare services is a very good example in the matter. In Indonesia, as a case in point, the acute corruption has penetrate to, one among others, healthcare services. In purchasing medical instruments by hospitals and medical centers, government bodies related to healthcare services, and most massively in drugs purchasing. In this context, international seminar related to the issues finds its significance and importance. The seminar will end in the recommendation to those countries in good policy that should be taken in the matter, as well as to leverage the level of awareness of doctors and medical officials as well as the industry toward the establishment of good conduct and good services.

Targeted Participants

1)    Policy makers

2)    Academicians

3)    Doctors and officials in healthcare services

4)    Students in Medical Faculties and Law Faculties

Time and Venue
The international conference will be held on November 6th, 2017
At Santika Premiere Hotel, Jl. Jend. Sudirman No.19, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta, Indonesia.

Last Updated ( Tuesday, 24 October 2017 )
Read more...
 
RANGKAIAN KEGIATAN PEMBUKAAN TAHUN AKADEMIK 2017/2018 : KULIAH UMUM TENTANG INDEPENDENSI HAKIM Print E-mail
Written by Nurul   
Tuesday, 03 October 2017

Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia telah melaksanakan Pembukaan Ajaran Baru Semester ganjil Tahun Akademik 2017/2018 pada Sabtu, 30 September 2017. Seperti tahun sebelumnya, pada periode ini PPs FH UII juga membuka tiga Program studi yakni Program Studi Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan dan Program Doktor Ilmu Hukum.

Dalam sambutan pembukanya di Auditorium PPs FH UII Jl Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta,  Dekan Fakultas Hukum UII Dr. Aunur Rohim Faqih, S.H., M.Hum. menyampaikan rasa syukurnya bahwa Program Pascasarjana Fakultas Hukum UII telah berjalan dengan baik dalam arti ketiga prodi telah terakreditasi dengan nilai yang baik. Untuk itu Dr. Aunur meminta kepada para mahasiswa untuk membuktikan kesungguhannya dalam mengenyam pendidikan di PPs FH UII, sehingga PPs FH UII bisa tetap menjadi salah satu Program Pascasarjana yang dimuliakan di lingkungan Fakultas Hukum yang ada di seluruh Indonesia. Lebih lanjut Dr Aunur juga menyampaikan bahwa di tengah persaingan ketat Perguruan Tinggi, PPs FH UII justru banyak menolak mahasiswa, hal ini tidak lain disebabkan karena PPS FH UII ingin lebih mengedepankan kualitas di bandingkan kuantitas.

Rangkaian Kuliah Pembukaan Periode September 2017 kali ini juga dilengkapi Kuliah Umum dengan menghadirkan Pembicara Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., M.CL. Dalam kuliah umumnya Prof. Bagir mengetengahkan tema “Tantangan Independensi Hakim Dari Perspektif Kelembagaan Peradilan di Indonesia”.

Seperti yang telah kita ketahui, pasca reformasi terjadi banyak perubahan undang-undang, terlebih di bidang ketatanegaraan dan politik, termasuk juga undang-undang di bidang kekuasaan kehakiman. Padahal perubahan undang-undang ketatanegaraan, politik dan pemerintahan akan bersentuhan langsung dengan sendi, asas dan kaidah konstitusi, jadi harus dilakukan dengan kehati-hatian. Selanjutnya, perubahan undang-undang juga akan berdampak pada tatanan pengelolaan negara, pemerintahan dan politik. Selain itu perubahan tersebut juga dapat menghambat proses pemantapan tatanan bernegara, berpemerintahan, dan berpolitik yang sehat.

Perubahan undang-undang juga akan menyeret berbagai tatanan kebijakan ekonomi, sosial dan lain lain serta menimbulkan inkonsistensi bahkan pertentangan dengan undang-undang lain, dengan kata lain undang-undang yang diubah belum tentu lebih baik dari undang-undang yang sudah ada. Hal tersebut menurut Prof Bagir menghabiskan waktu, karena pada negara-negara yang beorientasi pada upaya membangun dan menjalankan tradisi kenegaraan serta pemerintahan perubahan undang-undang merupakan sesuatu yang tidak lazim dilakukan kecuali untuk alasan yang prinsipil dan sangat hati-hati.

Dalam bidang kekuasaan kehakiman, perubahan undang-undang dinilai mempengaruhi independensi  hakim karena lebih banyak dilandasi oleh kepentingan politik. Perubahan undang- undang di bidang kekuasaan kehakiman juga terjadi karena kurangnya pengetahuan dan rendahnya tanggung jawab bahwa menjamin kekuasaan kehakiman yang merdeka merupakan salah satu pilar penting dalam menjalankan demokrasi. Selain itu kurangnya kontrol terhadap kekuasaan kehakiman dan konflik internal dalam tubuh kehakiman juga dinilai sebagai salah satu penyebab berkurangnya independensi hakim.

Last Updated ( Thursday, 05 October 2017 )
Read more...
 
PELEPASAN PESERTA DOUBLE DEGREE PERIODE II Print E-mail
Written by Nurul   
Saturday, 23 September 2017

Keberhasilan Program Double Degree kerjasama antara Magister Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dengan LL.M Youngsan University  Korea Selatan pada Periode Pertama merupakan kebahagiaan tersendiri bagi PPs FH UII. Demikian disampaikan Ketua Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Drs. Agus Triyanta, M.A., M.H., Ph.D dalam acara Pelepasan Mahasiswa Peserta Double Degree Periode II di Gedung Pascasarjana Jl. Cik Di Tiro No 1 Yogyakarta, Jum’at 22 September 2017.

Lebih lanjut Drs. Agus  menyatakan bahwa sebelum proses pemberangkatan periode dua, pengelola PPs FH UII juga telah lebih dulu melaksanakan kunjungan akademik sekaligus evaluasi kerjasama dengan Youngsan University dan mendapat respon serta progres yang baik, sehingga pengelola merasa optimis bahwa periode yang kedua ini juga akan berjalan dengan lancar.

PPs FH UII sendiri tahun 2017 ini kembali akan memberangkatkan tiga mahasiswa peserta Double Degree ke Youngsan University Korea Selatan, mereka adalah Mahasiswa Magister Ilmu Hukum dengan Kosentrasi Hukum Bisnis bernama Akhmad Al Farouqi, S.H., Fahmi Fairuzzaman, S.H., dan M. Haekal Ryanda, S.H. ketiganya dijadwalkan akan tiba di Korea Selatan pada hari Sabtu 23 September 2017.

Masih dalam acara yang sama Dekan Fakultas Hukum Dr. Aunur Rohim, S.H., M.Hum. juga turut memberikan pesan kepada peserta Double Degree di antaranya agar mahasiswa dapat membawa diri dan jati dirinya sebagai seorang Muslim dari Indonesia, meskipun di sana akan menemui banyak sekali perbedaan mulai dari agama hingga persoalan makanan. Selanjutnya Dr. Aunur juga berpesan supaya mahasiswa memiliki disiplin yang kuat karena orang-orang di Korea sangat menghargai waktu, dan yang terakhir menghormati siapapun dan apapun yang ada di sana baik itu menghormati orang-orangnya, lingkungan, budaya, maupun bahasa. Terakhir Dr. Aunur mengharapkan bahwa peserta periode ke dua juga akan berprestasi seperti kakak tingkatnya, yang mendapatkan kesan baik selama menempuh perkuliahan hingga lulus dari Youngsan University dengan gelar LL.M.

Last Updated ( Thursday, 05 October 2017 )
Read more...
 
PEMBEKALAN ALUMNI WISUDA PERIODE I TA 2017/2018 Print E-mail
Written by Nurul   
Friday, 22 September 2017

Calon wisudawan/wisudawati Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia  mengikuti acara Pembekalan Alumni , Rabu 20 September 2017. Acara yang merupakan agenda rutin bagi lulusan Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam indonesia tersebut, berisi tentang arahan-arahan serta saran sebagai alumni Pascasarjana FH khususnya dan alumni UII pada umumnya.

Pada Wisuda Periode I Tahun Akademik 2017/2018 kali ini, bertindak sebagai pembicara pada pembekalan alumni adalah Dr. Aunur Rohim Faqih, S.H., M.Hum. Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.  Menurut Dr. Aunur, sebagai lulusan Universitas Islam Indonesia alumni harus terlebih dahulu mengenal UII secara umum yang memiliki visi rahmatan lil’alamin (rahmat bagi seluruh alam) dan mengert visi dan misi Program Studinya masing-masing. Namun yang harus ditegaskan adalah apapun profesi yang akan diambil oleh para alumni baik itu praktisi, akademisi, atau concern lain lulusan Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia harus memiliki integritas.

Selain itu sebagai lulusan UII para alumni hendaknya tidak melupakan akarmya, dari mana dia berasal, siapa orangtuanya dan tentu saja siapa Pemberi Hidup yang menuntunnya sehingga bisa sampai pada jenjang saat ini. Hal tersebut akan membuat setiap jalan yang ditempuh akan menjadi berkah dan menjauhkan kita dari perbuatan-perbuatan yang tidak di ridhoi oleh Tuhan. Adapun cara untuk tetap melibatkan Sang Maha Pembuat Hidup adalah dengan memperdalam spiritual sesuai dengan Agama dan Kepercayaan masing-masing.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Login Form






Lost Password?

Agenda & Kegiatan

 


  

likeus  

Layanan Mahasiswa






Blog UII Staff


 

Internal Link





Informasi

Informasi: Program Pascasarjana Hukum UII , Jln. Cik Ditiro No.1 Yogyakarta Telp: (0274)-520661, e-mail : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it